Thursday, February 11, 2016

Tips Bisnis Online Internet Untuk Pemula

Tips Bisnis Online Internet Untuk Pemula

Sebelum Memulai Tips bisnis online internet untuk pemula, alangkah baiknya kita bahas Tentang pengertian Bisnis Online itu sendiri. Mari kita simak, CEKIDOT !!!

http://bisnisdunia-maya.blogspot.com/2016/02/tips-bisnis-online-internet-untuk-pemula.html

Pengertian bisnis online adalah sebuah cara promosi atau menawarkan barang atau jasa yang di lakukan menggunakan jaringan internet, Untuk mudahnya pengertian bisnis online adalah menjual atau promosi yang dilakukan dengan cara online atau menggunakan internet dengan saling berkomukasi. Hal ini sangat berbeda sekali dengan bisnis offline, yang dimana jika ingin mendapatkan barang kita harus pergi ke tempat penjual barang tersebut, Namun dengan menggunakan bisnis online hal itu tidak lagi digunakan karena dengan menggunakan gambar dan artikel sebagai bukti akan bisa terjadi transaksi. Jadi kesimpulannya menggunakan bisnis online itu sangat mudah, Akan tetapi jika Anda menggunakan bisnis online hal yang pertama Anda tanamkan Adalah kejujuran dalam berbisnis. Sebab orang akan percaya pada Anda dan begitu sebaliknya. Itulah Pengertian Bisnis Online.

1. Apa Itu Bisnis Online dan Internet Marketing?

Secara definisi kita pasti sudah mengerti bahwa bisnis online itu adalah bisnis yang dijalankan secara online melalui media internet. Sebenarnya banyak bisnis offline yang dipasarkan melalui internet, dan ada bisnis online bisa dipasarkan secara offline. Jadi, jenis bisnisnya bisa dibagi sebagai berikut:
  • Business online to online: bisnis online yang dijalankan secara online, baik operasional maupun pemasarannya. Beberapa contohnya antara lain bisnis jual domain dan hosting, jual jasa internet marketing (SEO, Google Adwords, Facebook Ads, etc), jual eBook, content publishing, dan lain-lain.
  • Business offline to online: bisnis offline yang pemasarannya melalui internet marketing. Misalnya toko baju grosiran, toko furniture, toko kaos distro, toko sepatu, dan lainnya yang proses pemasarannya dilakukan melalui internet dengan membuat toko online-nya atau akun media sosial khusus untuk pemasarannya.
  • Business online to offline: bisnis online yang kemudian dijalankan secara offline. Beberapa contohnya adalah toko online yang kemudian membuka gerai toko offline, seminar-seminar bisnis online yang dilakukan secara offline, dan lain-lain.
Apapun bisnis online yang kita jalankan, tidak akan terlepas dari yang namanya internet marketing (pemasaran melalui internet). Pemasaran internet ini tidak hanya tentang sales, tapi lebih dari itu, internet marketing itu berkaitan dengan promosi, branding, customer service, yang dilakukan secara online.

2. Beberapa Jenis Bisnis Online Yang Populer

Anda pasti pernah membaca kisah sukses pebisnis online yang berhasil mendapatkan puluhan juta hingga ratusan juta per bulan dari bisnis mereka di internet. Ada orang yang bisa menghasilkan ratusan juta per bulan dari iklan di blog mereka, ada juga yang menghasilkan omset hingga miliaran rupiah per bulan dari toko online, dan ada orang yang menghasilkan puluhan juta rupiah per bulan dengan menjual jasa, dan lain sebagainya.

Ada banyak jenis bisnis online yang bisa ditemukan di internet. Berdasarkan pengalaman saya dan teman teman blogger di dunia internet marketing, setidaknya ada 4 jenis bisnis online yang pernah saya pelajari. Diantaranya adalah:
  • Content Publisher 
Content Publisher adalah seseorang atau sebuah perusahaan yang memberikan konten bermanfaat kepada pengguna internet secara konsisten di website/ blog mereka, baik itu konten berbentuk teks (artikel), audio, ataupun video. Konten tersebut dimuat di media/ properti online dengan membuat website/ blog ataupun di submit ke media lain, misalnya konten video ke YouTube.

Lalu bagaimana si pemilik website/ blog bisa menghasilkan uang dari konten mereka? Salah satu cara menghasilkan uang dari konten Anda di internet adalah dengan memasang iklan PPC (pay per click) di konten tersebut, misalnya iklan Google Adsense. Setiap terjadi klik iklan atau per seribu tayangan iklan, maka si pemilik website/ blog akan mendapatkan komisi dari Google Adsense.

Selain program Google Adsense, sebenarnya kita juga bisa menjual space iklan di website/ blog yang kita bangun. Biasanya website/ blog yang memiliki trafik besar akan mendapatkan banyak penawaran dari berbagai advertiser, tinggal Anda menentukan besar biaya iklan dan memilih advertiser mana yang paling sesuai dengan topik website/ blog Anda.
  • Affiliate Marketing
Affiliate marketing adalah jenis pemasaran berbasis kinerja di mana seorang marketer berperan sebagai makelar online yang mempertemukan antara calon pembeli dengan penjual, dan akan mendapatkan komisi hanya jika terjadi penjualan. Peran seorang affiliate marketer adalah mengarahkan atau mengirim visitor/ pengunjung ke website merchant/ toko online dengan menggunakan link khusus.

Bila terjadi penjualan melalui link khusus tersebut, merchant akan mengetahui siapa yang menjual produk mereka, dan si makelar tersebut akan mendapatkan komisi. Besarnya komisi sudah ditentukan sebelumnya oleh pihak merchant, misalnya 30% dari nilai jual produk.
  • Bisnis Dropship
Bisnis dropship adalah sebuah sistem penjualan produk secara online dimana si penjual/ pengecer tidak harus memiliki produk sendiri, dan tidak perlu repot melakukan proses pengiriman barang ke pembeli. Tugas utama seorang dropshiper adalah melakukan pemasaran produk dan berkomunikasi dengan calon pembeli. Alurnya seperti ini; setelah deal, si pembeli men-transfer pembayaran ke dropshiper > dropshiper mengirim pembayaran tersebut ke supplier (dropshiper mengambil selisih keuntungan) > lalu supplier akan mengirimkan barang ke pembeli.

Dropshiper tidak perlu repot untuk mengerjakan proses packaging dan pengiriman barang kepada si pembeli karena supplier yang akan melakukannya. Enaknya lagi, pada kemasan/ bungkus barang yang dikirim ke pembeli akan ditulis bahwa barang dikirim atas nama si penjual, jadi kredibilitas kita sebagai dropshipper tetap terjaga.
  • Menjual Produk/ Jasa Sendiri
Mereka yang memiliki produk/ jasa sendiri bisa memanfaatkan internet sebagai media pemasaran. Misalnya dengan membuat website toko online/ blog untuk pemasaran, membuat akun media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, Google+), lalu memasarkan produknya di sana. Produk yang bisa dijual secara online sangat beragam; mulai dari produk fisik (makanan, pakaian, gadget, dan lainnya), produk digital (eBook, video, software, membership), hingga jasa (jasa membuat website, jasa menulis artikel, jasa membuat logo, dan lain-lain).

3. Cara Memilih Bisnis Online

“Bagaimana cara memilih bisnis online yang cocok dengan saya?” Para pemula pasti sering menanyakan pertanyaan ini. Sebenarnya yang bisa menjawab ini adalah Anda sendiri, karena yang paling tahu tentang minat dan kemampuan seseorang adalah dirinya sendiri.

Salah satu contoh, dulu saya pernah punya toko online yang visitornya cukup besar. Setiap hari ada saja pesan BBM dan Whatsapp dari calon pembeli, dan juga pembeli yang bertanya mengenai pesanannya sudah dikirim atau belum. Walaupun sudah punya visitor dan pembeli, tapi akhirnya toko online itu saya tutup sendiri, kenapa? Karena saya merasa tidak cocok dengan bisnis ini, menyita waktu dan melelahkan menjawab semua pertanyaan calon pembeli, padahal semua pertanyaanya sudah ada dijelaskan di website. Walaupun bisnis ini tidak cocok dengan saya, ternyata banyak pemilik toko online yang omsetnya ratusan juta per bulan. SEE? Tidak cocok dengan saya ternyata sangat cocok dengan orang lain.

Saran saya, bangunlah bisnis online yang memang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda, atau setidaknya bukan sesuatu yang akan membuat Anda bosan. Gali potensi di dalam diri, lakukan riset dan pelajari hal-hal yang menjadi minat dan kemampuan Anda tersebut sampai detail, temukan unsur bisnis yang bisa menghasilkan dari minat dan kemampuan Anda tersebut, dan lakukan inovasi.

4. Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Online

Ada banyak hal yang mempengaruhi kesuksesan dalam berbisnis online, tapi secara garis besar ada dua faktor, yaitu faktor internal (dari diri sendiri) dan faktor eksternal (dari luar). Nah, yang paling banyak pengaruhnya terhadap kesuksesan bisnis seseorang adalah faktor internal atau dari diri kita sendiri.
  • 1. Mau Belajar dan Praktek
Kalau mau menjalankan bisnis, idealnya kita harus punya basic pengetahuan yang memadai bukan? Semua bisnis pasti seperti itu. Di bisnis online, kita bisa belajar sekaligus praktek di saat yang bersamaan tanpa harus takut kehilangan modal besar seperti yang terjadi pada kebanyakan bisnis konvensional.

Lalu di mana belajar bisnis online yang paling tepat? Apakah harus membayar untuk belajar bisnis online? Relatif. Tepat buat saya, belum tentu tepat buat Anda. Pada awal belajar, ada baiknya kita menggali informasi dasar mengenai bisnis online, tidak harus ikut seminar atau kursus berbayar.

Setelah menggali informasi gratis di berbagai situs, diharapkan Anda akan mengetahui jenis bisnis online apa yang paling cocok untuk Anda. Bila sudah menemukan jenis bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda, sangat disarankan untuk belajar lebih dalam tentang bisnis tersebut. Biasanya materi bisnis online di tingkat lebih lanjut akan BERBAYAR karena dijual oleh para ahli di bidang bisnis tersebut.

Kenapa berbayar?

Karena materi tersebut dibuat berdasarkan pengalaman para ahlinya dalam bentuk tutorial. Jadi Anda tidak perlu takut ‘tersesat’ dan menghabiskan waktu trial and error dalam belajar karena Anda bisa membeli informasi berharga, yaitu pengalaman para pelaku bisnis online yang sudah terbukti berhasil. Inilah investasi awal Anda dalam menapaki bisnis di internet.

Ada banyak pilihan kursus bisnis online dan internet marketing yang bisa Anda ikuti. Tapi JANGAN menghabiskan uang dan waktu Anda untuk belajar di banyak tempat sekaligus, tidak akan maksimal dan malah akan membuat Anda pusing dan bingung, fokuslah belajar pada tempat kursus yang membahas bidang bisnis yang Anda sukai. Untuk kursus bisnis online & internet marketing berbayar, saya merekomendasikan beberapa website berikut ini:
  1. AsianBrain.com: pelajari mindset internet marketing yang benar di website ini, sangat cocok untuk pemula hingga tingkat master. Di sini Anda bisa belajar tentang blogging, affiliate marketing, toko online, dan lain-lain (owner: Anne Ahira).
  2. CafeBisnis.com: berisi materi dasar-dasar bisnis online dengan bahasan yang ringkas dan to the point. Sangat cocok untuk pemula dan tingkat menengah, nilai plusnya adalah biaya membershipnya sangat murah (owner: Lutvi Avandi).
  3. BelajarBisnisInternet.com: materi di website ini banyak yang diberikan gratis, produk berbayarnya adalah tutorial bagaimana cara menghasilkan uang dari affiliasi Amazon.com (owner: Sukarto Sudjono).
  4. SitukangTidur.com: sangat cocok untuk mereka yang ingin belajar menghasilkan uang dari kegiatan blogging. Fokus membahas tentang cara membuat website/ blog dan menghasilkan uang melalui program PPC Google Adsense (owner: Yasirli Amri).
  5. RahasiaSuksesClickBank.com: jika Anda tertarik ingin belajar bagaimana cara menghasilkan uang dari affiliasi ClickBank, silahkan mendaftar di website ini (owner: GM. Susanto)
  6. MitraYouTube.com: ingin menghasilkan uang dari YouTube? Silahkan gabung di website ini karena materinya fokus membahas tentang bagaimana cara menghasilkan uang dari video Anda di YouTube (owner: Rully Agus).
  7. Masih ada yang lain, nanti kapan kapan diupdate.
  • 2. Fokus, Fokus, Fokus, dan Sabar
 Ini adalah salah satu kunci sukses di bisnis online, FOKUS! Banyak pemula yang gagal di tengah jalan karena tidak bisa fokus menjalankan bisnis online yang sudah dipelajarinya. Ketika seseorang menunjukkan screen shoot penghasilannya yang besar dari affiliasi Amazon, si pemula yang baru menghasilkan ‘lebih sedikit’ dari Google Adsense tiba-tiba berubah haluan ingin belajar affiliasi Amazon.com. Dan si pemula belajar lagi dari awal tentang affiliasi Amazon, kemudian dia menyadari bahwa itu tidak semudah yang dibayangkan. Dan ketika dia sadar, waktu dan uang habis terbuang namun tidak ada peningkatan bisnis yang berarti. Ini sering terjadi pada mereka yang tidak mau fokus.

Ketika Anda sudah menemukan model bisnis online yang sesuai dengan minat dan kemampuan, fokuslah belajar dan menjalankan model bisnis itu sampai berhasil. Godaan iming-iming earning besar dari model bisnis lain pasti akan Anda rasakan, bahkan terkadang godaan ini bisa membuat pemula bimbang. Memang menjalankan bisnis online itu tidak mudah, semua pemula pasti merasakan hambatan. Dan bila kita tetap fokus dan konsisten, akan ada satu titik di mana kita menyadari bahwa bisnis online yang kita kerjakan ternyata sudah menghasilkan dan punya potensi jangka panjang. Kuncinya fokus dan sabar!
  • 3. Berani dan Pantang Menyerah
Memulai bisnis sendiri pasti membutuhkan keberanian. Anda harus berani menyisihkan penghasilan Anda untuk keperluan bisnis, seperti; biaya membeli paket kursus bisnis online, biaya membeli domain dan hosting, biaya promosi, dan biaya lainnya. Dengan kata lain, Anda harus berani dan siap RUGI. Selain itu, Anda juga harus berani meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama dan ‘berkorban’ demi kesuksesan bisnis online Anda di masa depan. Misalnya, biasanya Anda sering hang out dengan pacar atau teman kantor, setelah Anda memutuskan untuk memulai bisnis online maka kebiasaan ini wajib dikurangi atau ditinggalkan dulu untuk sementara.

Dalam belajar dan menjalankan bisnis online ada dua kemungkinan yang akan terjadi, antara gagal atau sukses. Tapi sebenarnya tidak ada yang namanya gagal selamanya, dan tidak ada yang namanya sukses selamanya. Yang menentukan gagal atau sukses adalah diri kita sendiri. Memang kegagalan bisa saja terjadi meskipun kita sudah fokus belajar dan praktek. Kita bisa belajar dari kesalahan dan kegagalan sebelumnya, dan menjadikan kegagalan tersebut sebagai pelajaran yang berharga.

Semoga Bermanfaat  dan Selamat Berjuang

0 comments:

Post a Comment